Senin, 05 Maret 2012

MEKSIKO DAN CHINA


A.  MEKSIKO
Meksiko adalah sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan republik federal. Negara meksiko menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya. Meksiko merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terpadat di dunia. Meksiko merupakan negara yang penduduknya terpadat ke dua setelah Brazil di Amerika Latin. Tingkat pertumbuhan penduduk meksiko untuk tahun 2010 adalah 1,118%. Sekitar 76% penduduknya tinggal di perkotaan. Tercatat tahun 2009, Tenaga kerja di Meksiko mencapai 44,5 juta orang yang mana 13,7% bekerja di sektor Pertanian, 23,4% industri dan 62,2% di sektor jasa. Bank dunia menggolongkan meksiko sebagai negara menengah ke atas (upper-middle countries). Ekonomi Meksiko pada tahun 2009 mengalami resesi terdalam sejak 1930-an.
Meksiko telah membuat langkah besar dalam meningkatkan akses ke pendidikan dan tingkat melek selama beberapa dekade terakhir. Menurut sebuah laporan Bank Dunia 2006, Jumlah rata-rata usia pendidikan untuk penduduk 15 tahun ke atas adalah sekitar 8 tahun selama tahun ajaran 2004-2005, yang merupakan peningkatan dibandingkan dengan satu dekade sebelumnya yang ketika itu  rata-rata usia pendidikan untuk penduduk 15 tahun ke atas adalah 6,8 tahun .
Meksiko memiliki sumber daya alam seperti minyak, perak, tembaga, emas, timah, seng, gas alam, dan kayu. Dari sektor pertanian, Meksiko memproduksi produk – produk seperti jagung, gandum, kedelai, beras, kacang, kapas, kopi, buah, tomat, daging sapi, unggas, produk susu, produk kayu yang man sektor pertanian ini memberi sumbangan 4% terhadap PDB. Kemudian Industri (31% dari PDB): Jenis - makanan dan minuman, tembakau, bahan kimia, besi dan pakaian baja, minyak bumi, pertambangan, tekstil, kendaraan bermotor, barang-barang konsumen dan Jasa (64% dari PDB): Jenis - commerce dan pariwisata, jasa keuangan, transportasi dan komunikasi.
            Meksiko memiliki angka inflasi yang tidak cukup besar. Tercatat  tahun 2005 sebesar 3,3%, tahun 2006 sebesar 3,4%, tahun 2007 ; 3,8%, tahun 2008 ; 6,5 %, tahun 2009 ; 3,57%, dan 4,6% tahun 2010.  Inflasi yang cukup besar terjadi di tahun 2008 di Meksiko, hal ini disebabkan krisis yang melanda Amerika serikat pada tahun itu. Amerika serikat merupakan negara tujuan utama ekspor meksiko.

1. PEMERINTAHAN
Konstitusi 1917 memberikan sebuah republik federal dengan kekuasaan dipisahkan menjadi eksekutif independen, legislatif, dan yudikatif. Secara historis, eksekutif telah menjadi cabang dominan, dengan kekuasaan dipegang oleh presiden, yang Mengumumkan dan mengeksekusi hukum Kongres. Kongres telah memainkan peran yang semakin penting sejak tahun 1997, ketika partai-partai oposisi pertama membuat keuntungan besar. Presiden juga melegalkan oleh keputusan eksekutif di bidang ekonomi dan keuangan tertentu, dengan menggunakan kekuasaan yang dilimpahkan oleh Kongres. Presiden dipilih oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jangka waktu 6 tahun dan mungkin tidak memegang jabatan kedua kalinya. Tidak ada wakil presiden, dalam hal pemindahan atau kematian presiden, presiden sementara dipilih oleh Kongres.
Kongres terdiri dari Senat dan Chamber of Deputies'. Senator dipilih untuk 6-tahun istilah, dan deputi melayani 3-tahun. 128 kursi Senat diisi oleh campuran perwakilan langsung-pemilu dan proporsional. Di majelis rendah, 300 wakil secara langsung dipilih untuk mewakili distrik anggota tunggal, dan 200 yang dipilih oleh suatu bentuk modifikasi dari representasi proporsional dari lima daerah pemilihan.. Para 200 kursi perwakilan proporsional diciptakan untuk membantu partai-partai kecil mendapatkan akses ke Kamar.
Peradilan ini dibagi ke dalam sistem pengadilan federal dan negara, dengan pengadilan-pengadilan federal memiliki yurisdiksi atas kasus-kasus sipil dan beberapa kejahatan yang paling utama. Menurut konstitusi, percobaan dan hukuman harus diselesaikan dalam waktu 12 bulan penangkapan untuk kejahatan yang akan membawa setidaknya hukuman 2-tahun. In practice, the judicial system often does not meet this requirement. Dalam prakteknya, sistem peradilan sering tidak memenuhi persyaratan ini. Terdakwa memiliki hak untuk nasihat, dan pembela umum yang tersedia. Hak-hak lainnya termasuk pertahanan terhadap memberatkan diri sendiri, hak untuk menghadapi penuduh seseorang, dan hak untuk pengadilan public. Hakim Mahkamah Agung diangkat oleh presiden dan disetujui oleh Senat.



2. KONDISI POLITIK.
Presiden Felipe Calderon dari PAN terpilih pada tahun 2006 dalam perlombaan yang sangat ketat, dengan margin kurang dari 1% jumlah suaranya memisahkan dari yang Andres Manuel Lopez Obrador ("AMLO") Revolusi kiri-tengah Partai Demokrat (PRD). AMLO diperebutkan hasil pemilu, menuduh bahwa itu dirusak oleh kecurangan yang meluas. Pengadilan federal Pemilihan Meksiko, sementara mengakui adanya penyimpangan acak-terdistribusi, menolak tuduhan penipuan AMLO yang luas dan menjunjung kemenangan Calderon pada tanggal 5 September 2006.
Partai Aksi Nasional Presiden Calderon saat ini adalah partai terbesar di Senat namun kehilangan mayoritas di Kamar Deputi pada pemilu Juli 2009. PRI memperoleh mayoritas de facto (melalui aliansi dengan pihak lain) pada mereka pemilu di mana setiap Chamber of Deputies kursi itu untuk suara. Meskipun PRI tidak mengontrol kepresidenan atau mayoritas di Senat, ia tetap menjadi kekuatan yang signifikan dalam politik Meksiko, memegang atau setelah baru-baru telah terpilih untuk 19 dari 31 gubernur dan sering memainkan peran penting dalam membentuk koalisi di Kongres. Pemilu nasional berikutnya - untuk presiden, semua 128 kursi di Senat, dan semua 500 kursi di Kamar Deputi - akan berlangsung pada bulan Juli 2012. Pada tahun 2010, pemilihan diadakan di 14 dari 31 negara Meksiko. PRI memenangkan sembilan dari 12 gubernur untuk pemilihan, sementara aliansi kenyamanan antara PAN, PRD, dan partai kecil di tiga negara menunjukkan bahwa PRI bisa dikalahkan. T
3. PERDAGANGAN .
Amrika dan Meksiko adalah mitra dagang yang sangat dekat. Masalah-masalah perdagangan diselesaikan umumnya melalui negosiasi langsung antara dua negara atau ditangani melalui Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atau Amerika Utara Perjanjian Perdagangan Bebas (NAFTA) prosedur penyelesaian sengketa formal. Daerah yang paling signifikan dari gesekan melibatkan produk pertanian serta lintas batas truk. Meksiko adalah anggota aktif dan konstruktif dari Organisasi Perdagangan Dunia, G-20, dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan. Pemerintah Meksiko dan banyak bisnis mendukung Kawasan Perdagangan Bebas Amerika.
4. PERTANIAN
Hanya 11% dari luas daratan Meksiko ditanami, yang kurang dari 3% adalah irigasi. Menghasilkan pendapatan atas tanaman termasuk jagung, tomat, tebu, kacang kering, dan alpukat. Meksiko juga menghasilkan pendapatan yang signifikan dari produksi daging sapi, unggas, daging babi, dan produk susu. Secara total, pertanian menyumbang 4,3% dari PDB pada 2009 dan 3% dari PDB pada tahun 2008, dan pekerjaan pertanian menyumbang sekitar 15% dari total lapangan kerja.
Pelaksanaan NAFTA telah membuka sektor pertanian Meksiko untuk kekuatan-kekuatan globalisasi dan persaingan, dan beberapa petani telah sangat manfaat dari akses pasar yang lebih besar. Secara khusus, buah dan sayuran ekspor dari Meksiko telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir, melebihi $ 4700000000 ke Amerika Serikat sendiri pada tahun 2009. Namun, inefisiensi struktural yang telah ada selama beberapa dekade terus membatasi peningkatan produktivitas dan standar hidup bagi banyak di sektor pertanian. Ini inefisiensi termasuk prevalensi produsen skala kecil, kurangnya infrastruktur, pasokan tidak memadai kredit, struktur tanah komunal untuk banyak produsen, dan populasi subsisten besar pedesaan yang bukan bagian dari ekonomi formal. Diperkirakan bahwa separuh dari produsen Meksiko adalah petani subsisten dan lebih dari 60% menghasilkan jagung atau kacang-kacangan, dengan mayoritas para petani budidaya lima hektar atau kurang, meskipun jumlah petani Meksiko yang terus menurun karena mereka mencari peluang ekonomi yang lebih besar dari off- kerja pertanian.
5. INVESTASI ASING
Investasi langsung asing (FDI) di Meksiko untuk 2009 adalah $ 14400000000, turun 51% dari tahun sebelumnya. AS sekali lagi investor asing terbesar di Meksiko, akuntansi untuk 45% ($ 6400000000 FDI dari AS) FDI dilaporkan. Perlambatan ekonomi di Amerika Serikat pada 2008 dan 2009 menyebabkan penurunan yang signifikan dalam gambar ini. Perkiraan Pemerintah Meksiko FDI untuk tahun 2010 adalah $ 15 miliar menjadi $ 20 miliar.
6. MIGAS
Pada tahun 2009, Meksiko berada di posisi ketujuh terbesar produsen dunia dari minyak mentah, dan pemasok terbesar kedua minyak ke minyak AS dan pendapatan gas memberikan lebih dari satu-sepertiga dari semua pendapatan Pemerintah Meksiko dan sumber terbesar mata uang asing . Minyak milik negara Meksiko perusahaan, Pemex, memegang monopoli konstitusional dibentuk untuk eksplorasi, produksi, transportasi, dan pemasaran minyak nasional. Dengan cadangan minyak yang utama sudah dikenal penurunan yang serius, Meksiko masih harus menentukan dalam waktu dekat bagaimana ingin memanfaatkan cadangan laut kemungkinan untuk menghindari pilihan-pilihan ekonomi yang sangat sulit. Kongres Meksiko mengesahkan undang-undang reformasi energi pada Oktober 2008 yang memberikan otonomi lebih Pemex anggaran dan transparansi Reformasi ini memungkinkan beberapa investasi swasta melalui kontrak yang memungkinkan beberapa pembagian risiko, yang masih sedang dikembangkan oleh Pemex. Namun, reformasi tidak sepenuhnya membuka sektor minyak bumi untuk investasi sektor swasta sebagai Pemex tidak diizinkan untuk mengeluarkan kontrak yang memberikan perusahaan asing baik bagian dari total produksi minyak atau persentase dari harga yang diterima per barel diproduksi. Selain itu, Pemex akan terus memiliki kata akhir dalam semua investasi dan keputusan produksi. Meksiko juga impor produk minyak jadi seperti bensin, karena kurangnya kapasitas kilang. Meskipun investasi swasta di bidang transportasi gas alam, distribusi, dan penyimpanan diijinkan, Pemex tetap dalam kontrol tunggal eksplorasi dan produksi gas alam. Meskipun cadangan besar, Meksiko merupakan importir bersih gas alam.
7. HUBUNGAN LUAR NEGERI
Secara tradisional, Meksiko telah berupaya untuk mempertahankan kepentingannya di luar negeri dan proyek pengaruhnya terutama melalui persuasi moral dan telah memperjuangkan prinsip-prinsip non-intervensi dan penentuan nasib sendiri. Dalam upaya untuk merevitalisasi ekonomi dan membuka diri terhadap persaingan internasional, Meksiko telah mencari hubungan yang lebih erat dengan AS, Eropa Barat, dan Cekungan Pasifik. Presiden Calderon telah secara aktif mempromosikan hak asasi manusia internasional dan demokrasi dan berusaha untuk meningkatkan partisipasi Meksiko dalam urusan internasional.
Meksiko adalah pendukung kuat dari PBB dan Organisasi Amerika Serikat system. Sementara selektif dalam keanggotaannya di organisasi internasional lain, mengejar kepentingannya melalui sejumlah badan ad hoc internasional. Meksiko adalah Sekretaris Pro Tempore dari Grup Rio untuk 2008-2010 panjang; secara terpisah, itu terpilih untuk kursi di Dewan Keamanan PBB untuk periode 2009-2010. Pada akhir 2010, ia menjadi tuan rumah Konferensi ke-16 Para Pihak dari Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim. Sedangkan Meksiko menolak untuk menjadi anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak, itu tetap berusaha untuk diversifikasi hubungan diplomatik dan ekonomi, seperti yang ditunjukkan oleh aksesi terhadap Perjanjian Umum mengenai Tarif dan Perdagangan (GATT) pada tahun 1986; yang bergabung dengan Asia-Pasifik Forum Kerjasama Ekonomi (APEC) pada tahun 1993, yang menjadi, pada bulan April 1994, anggota pertama dari Amerika Latin Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), dan yang memasuki Organisasi Perdagangan Dunia sebagai anggota pendiri pada tahun 1996. Meksiko menghadiri KTT pertama dari Amerika, yang diadakan di Miami pada tahun 1994, koordinasi dikelola dari item agenda tentang pendidikan untuk tahun 1998 KTT Amerika di Santiago, Chili; menyelenggarakan KTT Khusus Amerika pada awal 2004, dan berpartisipasi aktif dalam KTT 2009 dari Amerika di Port of Spain, Trinidad dan Tobago.



B.  CHINA
1.      EKONOMI & PENDUDUK.
Pemerintah China mengatakan bahwa jumlah penduduk mereka yang merupakan terbesar di dunia bertambah 6,3 juta jiwa tahun lalu hingga mencapai 1,341 miliar jiwa pada akhir 2010. Pertumbuhan penduduk tersebut kira-kira berjumlah sama dengan total penduduk Rio de Janeiro, Brazil. Hasil perhitungan penduduk tahun 2010 yang dirilis Biro Statistik Nasional China menyebut angka tersebut baru merupakan perkiraan awal.
Jumlah perhitungan akhir akan disiarkan pada April 2010 ketika pemerintah menyelesaikan data tabulasi yang didapat dari sebuah sensus yang dilakukan pada akhir tahun lalu, yang merupakan sensus menyeluruh pertama dalam satu dekade terakhir di China. Populasi China tercatat berjumlah 1,295 miliar jiwa dalam sensus tahun 2000.
Sebelumnya China mengatakan “kebijakan satu anak” mereka — yang secara umum membatasi rakyat agar hanya memiliki satu keturunan, dengan pengecualian terhadap beberapa kelompok tertentu telah mencegah 400 juta kelahiran sejak diberlakukan pada 1980. Negara china memiliki 594 juta penduduk saat sensus yang pertama dilakukan pada 1953, kurang dari setengahnya penduduk China saat ini.
China mengakui, bahwa pendapatan perkapita negaranya saat ini adalah 19.109 yuan ($ 2,900) pada 2010, naik 11,3 persen tahun ke tahun, atau meningkat sebesar 7,8 persen secara riil setelah dikurangi faktor-faktor harga. Kemudian Indeks Harga konsumen China merupakan ukuran utama inflasi, naik 3,3 persen pada 2010 dari tahun sebelumnya.
Tingkat inflasi di China terakhir dilaporkan pada 5,5 persen pada Oktober 2011. Dari 1994 sampai 2010, laju inflasi rata-rata di China adalah 4,25 persen mencapai tinggi historis 27,70 persen pada Oktober 1994 dan rekor rendah -2,20 persen pada bulan Maret 1999. Laju inflasi mengacu pada suatu kenaikan umum dalam harga-harga yang diukur terhadap tingkat standar daya beli. Langkah yang paling terkenal adalah Inflasi IHK yang mengukur harga konsumen, dan deflator GDP, yang mengukur inflasi di seluruh ekonomi domestik.

2.      SISTEM EKONOMI
Dalam 30 tahun pertama setelah berdirinya RRC, pemerintah Cina melaksanakan sistem ekonomi terencana, dan target dan kuota untuk berbagai bidang pembangunan ekonomi semuanya diatur oleh "komite perencanaan" khusus dari negara. Pabrik memproduksi barang sesuai dengan rencana negara, dan petani juga menanam tanaman sesuai dengan rencana negara. Departemen komersial diisi dan menjual saham mereka sesuai dengan rencana negara, dan kualitas, kuantitas dan harga barang semua ditetapkan oleh departemen perencanaan. Di satu sisi, sistem ini memberikan kontribusi untuk pengembangan, stabil direncanakan ekonomi Cina, tetapi di sisi lain juga membatasi perkembangan ekonomi dan melemahkan vitalitasnya. Pada akhir 1970-an, memperhatikan kesenjangan dalam pertumbuhan ekonomi antara China dan negara-negara lain para pemimpin Cina membuat keputusan besar untuk puluhan tahun reformasi sistem ekonomi Cina.
Reformasi mulai pertama di daerah pedesaan pada tahun 1978, ketika kontrak sistem tanggung jawab rumah tangga diperkenalkan di sana. Di bawah sistem ini, petani punya hak untuk menggunakan lahan, farmwork merencanakan dan membuang produk secara independen. Negara monopoli pembelian dan pemasaran produk pertanian dihapuskan, harga sebagian besar produk pertanian dibebaskan; banyak kebijakan yang membatasi pembangunan pertanian dihapuskan, dan petani diizinkan untuk masuk untuk bisnis yang beragam dan mendirikan kota perusahaan. Semua ini sangat membangkitkan antusiasme petani untuk produksi. Pada tahun 1984, restrukturisasi ekonomi bergeser dari daerah pedesaan ke kota.
            Setelah sepuluh tahun reformasi aneh dan membuka-up, pada tahun 1992 pemerintah Cina merumuskan kebijakan untuk membangun ekonomi pasar. Menurut dokumen resmi, aspek-aspek utama dari reformasi struktural ekonomi adalah sebagai berikut: Pengembangan diversifikasi unsur ekonomi akan didorong sambil menjaga sektor publik ekonomi dalam posisi dominan. Untuk memenuhi persyaratan ekonomi pasar, operasi perusahaan milik negara harus diubah sehingga mereka cocok dengan sistem perusahaan modern. Sebuah sistem terpadu dan membuka pasar harus dibentuk di dalam negeri sehingga untuk link pasar pedesaan dan perkotaan, dan pasar domestik dan internasional, dan untuk mempromosikan optimalisasi alokasi sumber daya. Fungsi pengelolaan ekonomi oleh pemerintah harus diubah sehingga untuk membangun sistem makro-kontrol penuh terutama oleh cara tidak langsung.
Tahun 2001, reformasi di berbagai bidang dilakukan dengan lancar, dan melihat prestasi besar. Saat ini, sistem ekonomi pasar sosialis baik pada cara untuk menjadi didirikan di Cina, dan peran dasar dimainkan oleh pasar telah ditingkatkan di bidang alokasi sumber daya. Pada saat yang sama, sistem makro-kontrol pada dasarnya mengambil bentuk. Selain itu, modus luas pertumbuhan ekonomi sedang digantikan oleh modus intensif. . Menurut rencana, ekonomi pasar sosialis akan lebih ditingkatkan pada tahun 2010, dan pada tahun 2020 struktur ekonomi pasar sosialis yang relatif matang akan telah didirikan di Cina.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar